Motor trail bebek Honda CT125 Hunter Cub

Honda ngeluarin motor baru lagi nih masbro. Tepatnya motor trail bebek Honda CT125. Sebagai info, motor ini dulunya udah pernah meluncur sekitar tahun 1980-an dengan nama Trail Cub. Sedangkan versi terbaru ini dikasih nama Hunter Cub.

Biar kenal lebih dekat, kita coba bahas satu persatu aspeknya. Pertama dari bodi, motor ini jelas tampak sangat unik. Rancangan aslinya menggunakan milik Honda Super Cub yang selama ini udah kita kenal. Tapi ada beberapa penyesuaian biar mendukung konsepnya sebagai motor blusukan

Misalnya jarak main suspensi yang lebih jauh, rangka lebih kuat, dan ban yang lebih lebar. Pokoknya serba lebih… heheheh. Gak ketinggalan, motor ini juga dilengkapi dengan skid plate. Itu lho, plat besi yang ada di bawah mesin. Fungsinya sebagai pelindung dari batu, kayu, atau semacamnya.

Seperti kebanyakan motor trail, posisi knalpot juga ditaruh di atas. Scrambler abis penampilannya. Tujuannya apa lagi kalau bukan menghindari knalpot mentok saat diajak jalan ke medan yang gak rata.

Masih dari sektor penampilan, hal menarik lainnya yang bisa dilihat adalah penggunaan lampu bulat dan stang telanjang. Ini jelas membuatnya sangat berbeda dari kebanyakan motor bebek. Penampilannya juga tambah unik dengan jok model single. Bagian belakangnya dibiarin kosong, siap buat dipakai bawa barang.

Motor trail bebek Honda CT125 Hunter Cub

Spesifikasi dan Harga Honda CT125 Hunter Cub

Menengok ke sektor mesin, menurut beberapa sumber, motor ini menggunakan mesin yang sama dengan Super Cub, yaitu mesin 125cc 1-silinder. Tenaga tertinggi ada di angka 8,7 hp. Walau begitu, ada beberapa penyesuaian untuk menunjang performa. Tarikan dibuat lebih berasa di putaran bawah.

Selain itu, motor sudah menggunakan rem cakram untuk ban depan dan belakangnya. Cukup modern juga karena sudah dilengkapi dengan ABS biar ban gak ngunci kalau ngerem mendadak.

Nah, awalnya motor trail bebek Honda CT125 ini mau diluncurkan di Tokyo Motor Show 2020. Tapi karena event tersebut batal gara-gara Corona, Honda melakukan peluncurannya secara online alias live streaming.

Untuk harganya, di Jepang motor ini dijual seharga 440.000 yen. Kalau dikonversi ke rupiah berarti sekitar 65,3 jutaan. Mahal atau murah? Tergantung sih.. kalau buat motor hobi atau koleksi cukup masuk akal. Apalagi tampilannya unik banget. Tapi kalau udah untuk motor harian dan dibandingin sama Supra atau Revo ya jadi mahal. Hahahaha…

Kira-kira bakal masuk Indonesia gak? Mungkin aja sih karena saudara-saudaranya, seperti Honda Super atau Honda Monkey aja udah dijual di sini.

Leave a Reply

Check Also

Katalis EV.500: Motor Listrik Keren dengan Desain Unibody

Ada satu hal yang selalu terlintas di pikiran saya kalau mendengar kata “motor listrik”, y…