Suzuki Saluto 125

Suzuki nampaknya tak mau ketinggalan menghadirkan produk kendaraan roda dua bergaya retro modern. Belum lama ini pabrikan asal Jepang tersebut memperkenalkan skuter matic Suzuki Saluto 125 di Taiwan.

Penampilannya bisa dibilang mewakili konsep retro modern yang memang tengah naik daun. Sama halnya dengan produk lain dari kompetitor, seperti Vespa, Lambretta, Honda Scoopy, atau Yamaha Fino.

Dalam keterangannya, Suzuki Taiwan menyebut desain Saluto 125 mendapat banyak pengaruh gaya Eropa. Sehingga wajar saja jika sekilas penampilannya mengingatkan publik pada Vespa.

Terlihat kesan simpel dan elegan pada skuter ini. Hal itu dibuktikan dengan body motor yang dibiarkan polos. Kemudian joknya dibungkus material yang nampak seperti kulit dengan jahitan kontras.

Desain kaca spionnya yang bulat menambah kental kesan retro. Begitu juga dengan lampu depan yang punya bentuk senada.

Selain memiliki penampilan cantik, tentunya sektor performa tak bisa dilupakan. Dari informasi yang beredar diketahui Suzuki Saluto menggunakan mesin 125 cc.

Tenaga tertinggi mesin tersebut berada di figur 9,27 hp pada putaran mesin 7.000 rpm. Sedangkan untuk torsi tertingginya adalah 10 Nm pada 6.000 rpm.

Dilihat dari angkanya, performa Suzuki Saluto 125 memang tidaklah superior. Namun rasanya cukup untuk mengakomodir kebutuhan berkomuter harian dengan nyaman.

Terlebih mesin Suzuki Saluto 125 telah mengadopsi konsep SEP (Suzuki Eco Performance). Dalam hal ini pabrikan menerapkan pengaturan sedemikian rupa agar mesin tetap irit bensin, tanpa melupakan performa.

Sedikit mengintip bagian kaki-kaki, Saluto 125 menggunakan ban berdiamater 10 inci dengan ukuran 100/90 di depan dan belakang. Profilnya terlihat lebar sehingga melahirkan kesan berotot. Sementara itu untuk pengeremannya sudah dilengkapi dengan peranti rem cakram.

Tak sedikit penggemar roda dua Tanah Air yang berharap Saluto 125 ikut dipasarkan di Indonesia.

Pasar skuter matic dalam negeri yang sangat gemuk mungkin bisa menjadi pendorong PT Suzuki Indomobil Sales memboyongnya. Permasalahan adalah menggodok harga jual yang pas.

Sejumlah sumber menyebut harga skuter matic ini di Taiwan akan berkisar Rp25 juta – Rp30 juta. Di Indonesia, rentang harga tersebut sudah menjadi milik maxi skuter dengan mesin lebih besar, 150 cc.

2 Comments

  1. Mau dijual berapa dgn lokal di Taiwan harga segitu …..blm lg klw di rakit ckd pun blm tentu turun signifikan …..gimana bila next2 n addres aja pakaikan baju mirip salutox

Leave a Reply

Check Also

Katalis EV.500: Motor Listrik Keren dengan Desain Unibody

Ada satu hal yang selalu terlintas di pikiran saya kalau mendengar kata “motor listrik”, y…