Review Beli Motor di Blibli Yamaha NMax

Halo teman-teman semua.. Dalam artikel ini saya akan ngasih review beli motor di Blibli.com. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut, saya pengin menekankan bahwa artikel ini tidak disponsori oleh pihak mana pun. Saya membeli motor ini sepenuhnya dengan uang saya pribadi. Untuk itu saya akan menceritakan semua pengalaman apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Oke, langsung aja kita mulai ceritanya… Buat teman-teman yang sudah pernah mampir ke channel YouTube Roda Gembira pasti tahu bahwa saya sehari-hari menggunakan motor Honda CB150 Verza untuk wara-wiri dari rumah ke kantor. Hampir dua tahun menggunakan motor tersebut, saya enggak ada masalah sama performanya.

Kekurangannya sebagai motor harian cuma satu, yaitu bikin capek kalau dipakai macet-macetan. Dan itulah yang setiap hari mesti saya alami ketika membelah lalu lintas kota Jakarta. Hhmm, apa mungkin motor ini enaknya untuk jalan-jalan bikin motovlog pas weekend aja ya? Pikiran itu pun akhirnya muncul dan mendorong saya untuk cari-cari motor matic sebagai kendaraan harian.

Sempat mampir ke beberapa dealer motor yang ada di Depok dan coba test ride motor teman, akhirnya pilihan jatuh ke Yamaha NMax. Bagasinya luas, joknya lebar, nyaman, dan handling-nya cukup asyik. Harganya juga masuk ke dalam budget.

Oiya, pertimbangan penting dalam memilih motor ini juga kenyamanan sang pembonceng. Sebelumnya nyonya sering ngeluh merasa pegal kalau sudah terlalu lama berada di atas jok Verza yang memang cukup keras. Khas motor-motor Honda. Hihihihi…

Review Beli Motor di Blibli Yamaha Lexi
Sempat test ride Yamaha Lexi punya teman tapi masih kurang sreg sama desainnya.

Awalnya saya berniat untuk membeli NMax di dealer yang ada dekat rumah. Namun rencana tesebut berubah setelah saya tanpa sengaja melihat ada banyak motor baru yang dijual di portal jual beli online semacam Blibli.com atau Tokopedia.com. Kalau dilihat harganya juga gak jauh berbeda dengan pricelist yang diberikan oleh dealer. Tapi sayangnya saya gak ada budget untuk membelinya secara tunai.

Dari awal saya memang berencana membeli dengan cara kredit. Tapi kita semua tahu cara kredit bakal bikin harga motor jadi lebih mahal pada akhirnya karena ada bunga yang harus dibayar. Nah, dari situ saya kepikiran untuk membeli di portal jual beli online dengan fasilitas cicilan kredit 0% menggunakan kartu kredit.

Yup, fasilitas pembayaran ini memang bisa kita temui di kebanyakan portal jual beli online. Bahkan ada juga yang ngasih fasilitas semacam ini tanpa memerlukan kartu kredit. Keuntungan terbesarnya ialah kita bisa beli barang dengan cara cicilan tanpa adanya bunga. Hihihi… Yang artinya besar cicilan bunga per bulan adalah harga total barang dibagi jumlah tenornya.

Motor Yamaha NMax yang saya beli di Blibli.com punya harga Rp28.105.000. Harga itu berlaku untuk on the road kota Depok. Kemudian saya pilih cicilan nol persen dengan tenor 18 bulan. Maka seharusnya setiap bulan nanti saya harus membayar cicilan sebesar Rp1.561.389. Ini sangat menguntungkan dibanding membelinya dengan cara kredit lewat dealer dan leasing.

Keuntungan menarik lainnya ialah saya tidak perlu membayar uang muka dan tanpa survei pula. Jadi ibaratnya sama seperti membeli cash. Kok bisa? Jaminan kreditnya apa? Saya sempat tanya ke orang dealer yang antar motor saya. Dia bilang kalau belinya dengan cara tersebut artinya dealer tetap dapat pelunasan penuh dari bank yang mengeluarkan kartu kredit saya.

Jadi dealer gak perlu khawatir bakal kredit macet. Kalau saya nanti nakal dalam proses pembayaran cicilan, maka saya akan langsung berurusan sama bank. Amit-amit deh, semoga lancar-lancar terus bayar kreditnya. Heheheh.

Review Beli Motor di Blibli Invoice
Pesan tanggal 10 September 2019 malam hari, motor datang besok siangnya.

Review Beli Motor di Blibli.com: Proses Pengiriman Barangnya Cepat

Oke, selanjutnya saya mau cerita proses yang saya lakukan saat beli motor di Blibli.com dengan fasilitas cicilan bunga 0% menggunakan kartu kredit ini.

Enaknya di Blibli.com adalah tenor yang tersedia cukup variatif. Maksudnya begini, saya sempat melihat-lihat barang yang sama di Tokopedia, namun di sana cicilannya maksimal 12 bulan. Itu artinya jumlah cicilan per bulan lumayan besar. Tapi di Blibli.com pilihannya sampai dua tahun. Akhirnya saya pilih cicilan 18 bulan biar gak kelamaan juga.

Saya sempat menghubungi customer service Blibli.com untuk menanyakan prosesnya. Ternyata sama saja dengan membeli barang pada umumnya. Namun, pesan dari customer service adalah pastikan limit kartu kredit mencukupi untuk membeli Yamaha NMax. Untungnya kalau untuk yang satu itu saya gak ada masalah.

Dengan bismilah, saya order di aplikasi Blibli tanggal 10 September 2019 malam. Yamaha NMax warna silver. Nah, di dalam aplikasi itu ada banyak penjual yang sebenarnya adalah dealer-dealer offline juga. Saya akhirnya memilih Yamaha NMax yang dijual oleh dealer Deta Yamaha Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Proses pemesanan malam itu lancar tanpa gangguan sama sekali. Keesokannya harinya ketika saya sedang di kantor, ada telefon masuk dari seseorang yang mengaku dari dealer Deta Yamaha. Dia mau konfirmasi pemesanan sekaligus kasih informasi pengataran. Pada tanggal 11 September 2019 atau hanya berselang semalam dari saya melakukan pemesanan ternyata motor sudah bisa diantar ke rumah.

Menjelang agak sore saya ijin ke bos untuk pulang lebih dulu. Motor pun datang ke rumah diantar pick up punya dealernya. Tanpa tambahan biaya ongkos kirim. Mantap! Motor datang lengkap dengan helm, dua buah kunci, buku service, dudukan plat nomor, surat jalan, dan bonus jaket dealer.

“Surat jalannya jangan sampai hilang ya pak. Karena nanti ini mesti dibawa buat ambil STNK,” kata mas-mas yang antar motor saya. Dari situ saya pun tanya kapan STNK, plat nomor, dan BPKB bisa saya terima.

Untuk STNK, dia bilang biasanya maksimal tiga minggu. Itu artinya ada kemungkinan sebelum tiga minggu sudah jadi. Semoga saja, karena sampai tulisan ini saya buat (21 September 2019) STNK tersebut belum jadi. Sedangkan untuk BPKB memang lebih lama. Bisa-bisa satu bulan lebih. Tapi gak apa-apa deh..

>>> Tips Beli Motor Baru: 5 Poin yang Mesti Kamu Lakukan

Review Beli Motor di Blibli.com: Tips Buat Kamu yang Minat

Terakhir, saya pengin kasih tips buat teman-teman yang mungkin juga berniat beli motor online. Dalam kasus saya adalah membeli di portal jual beli Blibli.com

1. Cermat memilih barang dan penjual

Kamu akan menemukan lapak yang menawarkan barang serupa. Tapi buat menghindari hal tak diinginkan, pastikan penjualnnya punya reputasi bagus. Waktu mau beli Nmax ini, saya menghabiskan banyak waktu untuk baca testimoni yang diberikan para pembeli sebelumnya. Kamu juga bisa melakukan hal serupa untuk menghindari penjual gak beres.

2. Pastikan harganya sesuai

Dalam jual beli kendaraan, ada istilah harga OTR (On The Road). Itu artinya harga sudah termasuk pajak dan surat-surat (STNK, BPKB, plat nomor). Karena pajak kendaraan bermotor di masing-masing daerah itu berbeda, otomatis kamu akan melihat harga OTR yang berbeda-beda pula. Untuk hal ini kamu gak punya pilihan selain memilih motor yang dijual dengan harga OTR wilayah kamu tinggal. Atau tepatnya sesuai dengan domisili pada KTP yang nanti akan menjadi atas nama pemilik motor tersebut.

3. Pilih barang dengan benar

Tips selanjutnya adalah memilih barang dengan benar dan yakin, misalnya untuk warna. Waktu saya melakukan pembelian, saya beberapa kali melihat ada peringatan di dalam aplikasi bahwa saya tidak bisa meminta penggantian warna motor setelah melakukan pemesanan. Kalau untuk warna aja gak bisa ganti, apalagi untuk ganti model. Waduh, pasti bakal ribet banget tuh.

Nah, itu dia cerita pengalaman saya atau review beli motor di Blibli.com. Sejauh ini saya cukup puas karena proses pembayaran lancar, harga relatih lebih murah, barang sampai dengan cepat, dan kondisinya juga mulus. Waktu motor sampai kilometernya masih nol. Hehehe. Tinggal nunggu kelengkapan surat-suratnya aja nih semoga cepat jadi. Semoga informasi yang saya tulis di sini bermanfaat. Terima kasih buat teman-teman yang sudah mampir.

Leave a Reply

Check Also

Pasang Spion Jalu atau Bar End: Keunggulan dan Kekurangan

Pasang spion jalu atau bar end lagi ngetren banget belakangan ini. Saya bisa bilang begitu…