Ganti Ban Honda CB150 Verza

Halo lads, apa kabar semua? Di artikel ini saya pengin cerita pengalaman ganti ban Honda CB150 Verza yang jadi tunggangan sehari-hari menggunakan ukuran lebih besar dari standarnya. Dengan begitu tampilan motor jadi lebih berisi. Cakep bener!

Sebenarnya, keputusan mengganti ban motor kali ini tidak disengaja. Ceritanya berawal dari perjalanan malam hari pulang kerja. Gak sabar kena macet di daerah Tanjung Barat, Jakarta Selatan, saya memutuskan untuk ambil jalan keluar aspal.

Jadi, ada bagian jalan di sebelah kanan yang punya permukaan batu-batu. Kondisinya cukup parah sih sebenarnya. Nah, saya memutuskan untuk melintasinya.

Saya lihat bagian jalan tersebut cukup sering dilalui pengendara motor ketika macetnya parah. Tapi karena permukaannya rusak, sebelumnya saya gak pernah ikut-ikutan.

Ternyata oh ternyata, hal tersebut bukan keputusan yang bijak.

>>> Baca juga: Awas Ngiler! Segini Cicilan Kredit Honda ADV 150

Ketika saya melintasi permukaan jalan rusak tersebut, saya sudah menduga ada yang gak beres. Ban belakang terasa terlalu empuk. Dari situ saya punya firasat kalau sebenarnya ban tersebut kurang angin. Parahnya lagi, malam itu saya dalam kondisi membonceng istri.

Singkat cerita, saya berusaha melewatinya pelan-pelan. Sambil jaga keseimbangan motor. Biar bantingan suspensi juga gak terlalu ngayun. Pokoknya agar nyonya di kursi belakang tetap nyaman. Heheheh.

Sesampainya di rumah, karena udah capek banget pulang kerja, saya langsung bawa masuk motor dan istirahat. Nah, besok paginya baru kelihatan penyakitnya.

Rupanya dinding ban belakang motor saya mengalami sobek yang cukup panjang. Panjang sobekan sekitar 5 cm. Hal tersebut pun membuat ban kempis.

Logikanya, dinding ban memang bisa sobek kalau ban kurang angin. Jadi ban terlalu fleksibel. Apalagi ketemu permukaan jalan rusak dan beban yang gak ringan.

Sayangnya, saya lupa untuk mendokumentasikan sobekan itu karena panik cari jalan keluar biar tetap bisa ngantor tepat waktu.

Ganti Ban Honda CB150 Verza Ban Depan Motor Terbalik

Satu lagi yang menjadi akibat dari kecerobohan saya ini, cat di bibir pelek motor juga jadi banyak yang terkelupas. Sedih juga rasanya.

Akhirnya saya memutuskan meluncur ke Planet Ban Cimanggis, Depok yang lokasinya gak jauh dari rumah. Saya terpaksa ganti ban Honda CB150 Verza ini karena memang itu jalan keluar satu-satunya. Gak mungkin sobekan tersebut ditambal.

Setelah cukup lama ngitung-ngitung isi dompet, saya akhirnya memilih ban motor merek Michelin Pilot Street. Untuk yang depan pakai ukuran 90/80 dan yang belakang pakai ukuran 130/70. Keduanya diameter 17 inci.

Ukuran ini berbeda dengan ban standar Honda CB150 Verza. Standarnya, motor ini menggunakan ban depan 80/100 dan belakang 100/90 yang keduanya dari merek IRC.

Saya lupa rincian harga untuk masing-masing bannya. Tapi harga untuk kedua ban Michelin ini kena Rp1.044.000. Mahal juga kalau dipikir-pikir. Tapi setelah cari barangnya di internet, harganya gak jauh berbeda kok.

Sekilas, keputusan ganti motor ini dengan ukuran yang lebih besar cukup memengaruhi penampilan dan karakter berkendaranya.

Sebagai pelajaran, jangan suka nekat ambil jalan jalur rusak, apalagi yang permukaannya batu-batuan kalau gak yakin kondisi kaki-kaki motor dalam keadaan fit. Karena akibatnya bisa aja mengharuskan teman-teman mengeluarkan biaya yang gak sedikit.

Kira-kira segitu dulu cerita pengalaman ganti ban Honda CB150 Verza kali ini. Saya rencananya akan buat juga review ban ini buat sumber informasi teman-teman yang mungkin berniat membeli ban motor Michelin Pilot Street untuk motornya.

1 Comment

Leave a Reply

Check Also

Ban Depan Motor Terbalik, Jangan Panik Karena Ada Alasannya

Halo semua, pada artikel kali ini saya coba membahas pengalaman memasang ban depan motor t…