Review Motor Honda Genio

Halo riders, kali ini gue pengin sharing tentang skuter matic terbaru dari Honda. Yup, apalagi kalau bukan Honda Genio. Sekilas, namanya pasti mengingatkan kita pada mobil sedan yang juga pernah dikeluarkan Honda. Tapi yang ini jelas berbeda. Nah, tanpa panjang lebar lagi, langsung aja kita lihat lebih dekat motor ini dalam review motor Honda Genio yang coba Roda Gembira siapkan untuk kalian semua.

Keputusan Honda untuk menambah jajaran motor skuter matic-nya bisa maklumi. Wajar aja karena memang tipe produk ini menjadi tulang punggung penjualannya. Motor matic Honda laris ibarat kacang goreng. Dan dari semua tipe motor matic yang dimilikinya, Honda BeAT adalah yang paling sering keliatan berseliweran di jalan raya.

Honda BeAT sendiri banyak menjadi pilihan lataran harganya yang terbilang cukup murah. Sayangnya, bagi sebagian orang desain Honda BeAT nih terlihat biasa-biasa aja. Seenggaknya inilah yang gue lihat dari skuter matic seharga Rp16 jutaan tersebut. Namun, kini Honda menyuguhkan produk yang lebih memiliki daya tarik dari segi desain dengan kemunculan Honda Genio.

>>> Baca juga: Kelebihan Honda X-ADV Teknologinya Serba Canggih

Review Motor Honda Genio

Honda Genio: Desain

Gue pribadi melihat desain body Honda Genio punya kemiripan dengan Scoopy. Hal itu gue lihat pada bagian lampu depannya. Di mana Honda Genio memiliki headlight dengan bentuk sedikit lonjong ditemania dua buat lampu sein di setiap sisinya. Kesan serupa juga gue rasakan ketika melihat skutik terbaru Honda ini dari belakang. Bentuk body belakangnya cukup mirip denga Scoopy.

Hal ini memang bukan sesuatu yang buruk. Kalau memang desain-desain bernuansa retro tersebut disukai konsumen, gak ada salahnya bagi pabrikan untuk menerapkannya pada produk lain. Secara keseluruhan desain body Honda Genio terlihat ramping kalau dilihat dari sisi samping. Gue pribadi menyukainya. Mungkin, penampilannya bakal lebih asyik lagi kalau pabrikan menyematkan ban berukuran 12 inci yang gambot.

Jadi makin Scoopy banget dong 😀

Honda Genio: Fitur

Selanjutnya, kita akan melihat fitur-fitur yang dimiliki skuter matic ini. Punya apa aja sih Honda Genio? Pertama, kalian dapat lampu depan yang sudah menggunakan LED. Jadi nyalanya lebih terang dan keren juga dilihat. Kedua, Honda Genio punya yang namanya ECO Indicator. Bukan barang baru di skuter Honda. Hal serupa juga sudah ada di Honda BeAT.

Selanjutnya, Honda Genio sudah memiliki power charger di dalam bagasinya yang berkapasitas 14 liter. Selebihnya sih fiturnya gak jauh berbeda dengan kebanyakan skutik Honda lainnya, misal secure shutter key, combi brake, side stand switch, atau brake lock.

Review Motor Honda Genio
Foto: AHM

Honda Genio: Mesin

Honda Genio menggunakan mesin dengan kapasitas 110cc DOHC. Mesins eSP yang sudah menggunakan sistem injeksi PGMFI ini punya tenaga maksimum 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Klaim dari Honda mengatakan skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

>>> Baca juga: Honda CB300R yang Menawan dengan Desain Retro

Review Motor Honda Genio: Harga dan Tipe

AHM memasarkan Honda Genio dalam dua pilihan tipe, yaitu Genio CBS-ISS dan Genio CBS. Tipe yang pertama dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang berpengaruh meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk harga motor Honda Genio 2019 itu sendiri, riders bisa lihat pada tabel di bawah.

  • Genio CBS-ISS Rp. 17.700.000
  • Genio CBS Rp. 17.200.000

Honda Genio: Spesifikasi

Tipe Mesin: 4 – Langkah, SOHC, eSP
Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah: 47,0 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi: Automatic, V-Matic
Rasio Kompresi: 10,0 : 1
Daya Maksimum: 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum: 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
Tipe Starter: Elektrik dan Kick Starter
Tipe Kopling: Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Tipe Rangka: Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Tipe Suspensi Depan: Telescopic
Tipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan: 80/90 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang: 90/90 – 14 M/C Tubeless
Rem Depan: Cakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem Belakang: Tromol
Sistem Pengereman: Combi Brake System
Panjang X Lebar X Tinggi: 1869 x 692 x 1061 mm
Tinggi Tempat Duduk: 740 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah: 147 mm
Curb Weight: 89 kg ( Tipe CBS ) , 90 kg ( Tipe CBS – ISS )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 4,2 L
Kapasitas Minyak Pelumas: 0,65 L ( Penggantian Periodik )
Tipe Baterai Atau Aki: MF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS )
Sistem Pengapian: Full Transisterized
Tipe Busi: NGK MR9C-9N

Honda Genio: Kesimpulan Review

Dengan harga Rp17 jutaan maka Honda Genio bisa jadi alternatif mereka yang mencari skuter matic terjangkau untuk keperluan penunjang mobilitas sehari-hari. Harganya berada di antara Honda BeAT dan Honda Vario 100. Penampilan skuter ini dibuat untuk menarik konsumen dari kalangan anak muda yang mencari tunggangan dengan gaya tersendiri.

>>> Like dan Subscribe Channel Youtube RodaGembira.com!

Honda Genio 2019
Desain
Fitur
Mesin
Harga
Summary
Desain Honda Genio cukup atraktif dengan harga terjangkau. Fitur yang cukup menarik dari skutik baru Honda ini ialah lampu LED di headlight-nya.
60 %
Overall

2 Comments

Leave a Reply

Check Also

Motor Klasik Yamaha XSR 155, Review, Spesifikasi, Harga

Motor klasik Yamaha XSR 155 resmi meluncur di Thailand belum lama ini. Hal tersebut pastin…