Kuras Tangki Motor Verza di AHASS

RodaGembira.com – Gue mendengar banyak cerita bahwa penyakit motor sport Honda, seperti Tiger atau Mega Pro ada di tangki bensinnya yang suka bocor. Untuk itu gue memutuskan kuras tangki motor Verza sebagai antisipasinya.

Usia motor gue ini sebenarnya masih relatif muda. Gue beli Honda CB 150 Verza pada bulan Juli 2018 lalu dari dealer. Itu artinya motor ini baru delapan bulan di tangan gue. Walau masih muda, tapi jarak tempuhnya sih udah lumayan banyak, nyaris 12.000 km. Hehehe.

Nih motor ibaratnya jadi kaki gue buat wara-wiri. Setiap hari dipakai ngantor sekaligus nganter bini kerja juga. Makanya, sebisa mungkin gue rawat biar kondisinya tetap jos. Prinsip gue sih lebih baik ngerawat motor dari pada nanti rusak mendadak.

Salah satu perawatan yang baru aja gue lakuin untuk si Verza ini adalah kuras tangki bensin.

Kuras tangki motor Verza di AHASS

Mungkin ada sebagian dari kalian yang bertanya-tanya, emang kuras tangki motor tuh ngapain? Jadi gini, proses kuras tangki adalah perawatan yang jamak dilakukan pengguna motor jenis sport.

Dalam prosesnya, tangki dilepas kemudian bensin yang ada di dalamnya dikeluarkan. Udah gitu sekalian kotoran-kotorannya (jika ada) dibersihkan.

Perawatan ini perlu dilakukan oleh pengguna motor jenis sport biar tangki bensin bebas karat dan bocor. Karena kenyataannya kadang bensin yang masuk ke dalam tangki tuh mengandung air.

Ini bisa dibilang sebab utama tangki motor bocor. Ada air, jadi karatan, keropos, terus bocor deh. Aduh, males banget kalau udah gitu.

“Bukan berarti bensin yang dibeli di pom campur air, tapi air itu bisa datang dari pengembunan yang terjadi di dalam tangki,” kata mekanik salah satu AHASS di Depok yang gue ajak ngobrol waktu kuras tangki motor Verza.

Kuras tangki motor matic dan bebek juga perlu

Oiya, tadi gue bilang kalau kuras tangki perlu dilakukan oleh pemilik motor sport. Lalu bagimana dengan motor matic atau bebek?

Tangki motor sport lebih rentan mengalami pengembunan karena posisinya yang terekspos langsung dengan lingkungan luar. Beda halnya dengan motor matic atau bebek yang posisi tangkinya ada di bawah jok. Jadi lebih terlindungi lah…

Walau begitu, menurut gue pribadi ada baiknya motor matic atau bebek juga perlu kuras tangki.

1 Comment

Leave a Reply

Check Also

Ban Depan Motor Terbalik, Jangan Panik Karena Ada Alasannya

Halo semua, pada artikel kali ini saya coba membahas pengalaman memasang ban depan motor t…