Honda CB300R Indonesia

RodaGembira.com – Begitu lihat tampangnya, gue langsung geleng-geleng kepala. Cakep bener tuh Honda CB300R. Sekilas gue melihat ada aura motor klasik Honda, namun di lain sisi modern juga.

Buat kalian yang penasaran dengan motor ini, jangan langsung buru-buru meluncur ke website PT Astra Honda Motor untuk mencarinya. Karena kalian nggak akan menemukannya di jajaran motor baru Honda Indonesia, setidaknya untuk saat ini.

Karena Honda CB300R baru meluncur di India kalau merujuk ke informasi yang gue dapat dari Indian Autos Blog.

Motor bisa dikatakan sebagai naked sports Honda yang desainnya meminjam konsep Neo Sports Cafe milik CB1000R. Kehadirannya tuh untuk menjadi alternatif pilihan motor di kelas mesinnya, seperti KTM Duke 390 atau BMW G310 R.

Penampilannya boleh jadi bergaya motor klasik Honda, tapi fitur udah modern. Lampu-lampunya sudah memanfaatkan jenis LED. Uniknya, lampu depan desainya dibagi seperti menjadi dua bagian gitu. Lalu, panel instrumen sudah dibuat full digital.

Honda CB300R Indonesia
Honda CB300R Indonesia | Foto: revzilla.com

Gue pribadi suka dengan penggunaan rangka trelis pada motor ini. Bikin sosoknya tuh terkesan berotot. Makin sangar juga karena ditambah penggunaan kenalpot yang punya dua lubang pembuangan.

Lho, kok dua? Emang mesinnya berapa silinder? Cuma satu sih. Lebih tepatnya Honda CB300R menggunakan mesin 286 cc satu DOHC silinder berpendingin cairan.

Kalau ngomongin performanya nih, ada sebuah video di YouTube yang memperlihatkan motor ini bisa berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 60 perjam hanya dalam hitungan tiga detik. Sedangkan untuk mencapai 100 km perjam cukup dengan 6,20 detik.

Kencang juga nih motor. Performanya tipis di bawa KTM Duke 390. Masih dari sumber yang sama, informasinya KTM Duke 390 berhasil mencatatkan waktu tempuh 2,6 detik dan 5,5 detik.

Kalau masuk Indonesia, motor ini kira-kira laku nggak ya? Menuai kepopuleran seperti halnya Ninja 250 atau CBR250RR. Menurut gue pribadi, susah.

Alasan pertama, motor 250cc ke atas kena Pajak Penghasilan (PPh) 22. Kedua, jenis SIM (Surat Izin Mengemudi) khusus untuk motor 300cc.

Honda CB300R 2019
Desain
Fitur
Summary
Desainnya keren dengan gaya retro campur modern. Fiturnya juga udah standar motor-motor masa kini. Sayangnya belum ada kesempatan coba, jadi nggak bisa kasih skor soal sensasi ridingnya.
53 %
Overall

2 Comments

Leave a Reply

Check Also

Awas Ngiler! Segini Cicilan Kredit Honda ADV 150

Seiring peluncuran Honda ADV 150 di GIIAS 2019, mungkin ada teman-teman yang penasaran den…